MAKALAH
ACARA AGAMA HINDU KAHARINGAN I
TENTANG KANDAYU
Disusun Oleh : Kelompok IV
NO
|
NAMA
|
NIM
|
JURUSAN/JENJANG
|
SEMESTER
|
1
|
SUJA BITNA
|
12 00 055
|
PEND.AG.HINDU/S-1
|
III
|
2
|
WAHYUTRI
|
12
00 070
|
PEND.AG.HINDU/S-1
|
III
|
3
|
ORIN
|
12 00 024
|
PEND.AG.HINDU/S-1
|
III
|
4
|
TERIE
|
12
00 015
|
PEND.AG.HINDU/S-1
|
III
|
5
|
SURATNO
|
12 00 060
|
PEND.AG.HINDU/S-1
|
III
|
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI
TAMPUNG PENYANG (STAHN-TP)
PALANGKA RAYA
2013
KATA PENGANTAR
Om Swasti Astu,
Tabe salamat lingu nalatai salam
sujud karendem malempang.
Atas
berkat dan rahmat Ranying Hatalla Langit Tuhan yang maha esa, dalam waktu yang
cukup lama penulis berusaha menyelesaikan Makalah ini tepat pada waktunya untuk
melengkapi tugas Mata Kuliah Acara Agama Hindu Kaharingan I.
Penulis menyadari atas keterbatasan
kemampuan, pengetahuan yang masih jauh dari sisi sempurna karena itu penulis
mengharapkan sumbangan pemikiran, kritik yang konstruktif dari semua pihak baik mahasiswa maupun dosen yang bersangkutan
agar menjadi motorik demi terciptanya pendidikan yang bermutu dilingkungan
kampus kita ini dan dilingkungan masyarakat luas sana.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih semoga makalah
ini berguna bagi siapa saja yang membacanya.
Om Shanty, Shanty, Shanty Om.
Sahey
Palangka Raya,
...... November 2013
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kandayu
merupakan nyanyian suci untuk memuja kebesaran Ranying Hatalla Langit didalam
persembahyangan yang dilakukan umat Hindu Kaharingan sebagai cara menghubungkan
diri yang bertujuan untuk membentuk keimanan dan ketaqwaan antara lain agar
lebih bisa memahami, menghayati, mengerti, dan megamalkan ajaran Ranying
Hatalla Langit yang juga tertuang dalam kitab suci Panaturan.
Kandayu dalam
pelaksanaan Basarah terdiri dari 4 macam sebagai berikut :
1. Kandayu
Manyarah Sangku Tambak Raja
2. Kandayu
Mantang Kayu Erang
3. Kandayu
Parawei
4. Kandayu
Mambuwur Behas Hambaruan
1.2 Rumusan Masalah
Adapun
yang menjadi pokok permasalahan didalam pembahasan makalah ini Yaitu:
1. Apa
saja bagian – bagian Kandayu yang umum digunakan dalam upacara Basarah?
2. Bagaimana
makna filosfis yang terkandung dalam masing – masing kandayu?
1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut di atas, maka yang menjadi tujuan penulisan didalam
makalah ini yaitu:
1. Agar
mengetahui bagian – bagian Kandayu yang umum digunakan dalam upacara Basarah.
2. Agar
mengetahui makna filosfis yang terkandung dalam masing – masing kandayu.
1.4 Manfaat Penulisan
Adapun
yang menjadi manfaat dari penulisan makalah ini yaitu sebagai bahan untuk pembentukan
keimanan dan ketaqwaan bagi pemuda dan pemudi agama Hindu Kaharingan yang
diharapkan agar lebih bisa mengangkat harkat dan martabat umat Hindu Kaharingan
kedepannya dalam berbagai keadaan terutama dalam hal spiritualitas.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Bagian
– bagian Kandayu dalam upacara Basarah
Kandayu
sebagai nyanyian suci yang dilantunkan dihadapan Ranyiang Hatalla Langit pada
saat pelaksanaan Basarah terdiri dari 4 macam. Adapun bagian dari kidung suci
kandayu yaitu :
a.
Kandayu Manyarah
Sangku Tambak Raja
Kandayu ini berisikan ungkapan
tentang maksud dan tujuan upacara persembahyangan Basarah yang terdiri dari 21
ayat, dengan maksud menyerahkan persembahan suci Sangku Tambak Raja beserta
segala isinya kepada Ranying Hatalla Langit melalui persembahyangan Basarah.
Kemudian kita memohon kepada
Ranying Hatalla Langit agar dapat memberikan sinar suci kekuatan bagi kehidupan
manusia, agar dalam menjalani kehidupaan ini senantiasa mendapat bimbingan
dalam berpikir yang baik dan berkata yang benar serta berbuat yang baik pula,
sebagaimana dalam ayat Kandayu di bawah ini.
1. Sangku
tambak hai pahalendang
Basuang behas parei manyangen tingang
Rukun tarahan je giling pinang
Inihang luhing je dandang tingang
2. Sangku
tambak hai baguna
Inyarah bentuk balai paseban raja
Taharep ulun bakas tabela
Manumun peteh Ranying Hatalla
3. Sangku
jetuh basuang behas
Pambelum inyarah dia bara tikas
Umba Hatalla ilaku ka-abas
Hambaruan salamat bereng barigas
4. Hetuh
itah uras manyaksi
Ranying Hatalla te puna ati
Biti bereng daha tuntang isi
Bakas tabela hatue bawi
5. Hetuh
itah manyarah sangku
Panungkup utus je Raja Bunu
Tutuh kameluh balimut batu
Peteh hajamban je Raja Uju
b.
Kandayu Mantang Kayu
Erang
Kandayu Mantang Kayu Erang
dinyanyikan setelah pampeteh Ranying Hatalla Langit oleh mantir Basarah karena
isi kandayu tersebut menjelaskan tentang perjalanan Banama Tingang Mandulang
Bulau Untung Aseng Panjang, pada saat Balian Balaku Untung.
Kita akan mendengarkan perjalanan
Banama Tingang yang dibawakan oleh
Raja Telu Hakanduang yaitu Raja Tunggal Sangomang, Raja Mantir Mamaluhing
Bungai dan Raja Linga Rawin Tempun Telun mendapatkan berkat dan anugerah dari
Ranying Hatalla Langit beserta manifestasinya, agar manusia dalam menjalankan
kehidupannya selalu mendapatkan rejeki, umur panjang, sehat sejahtera dan
hakekat ini pula yang diambil dalam pelaksanaan Basarah bagi umat Hindu
Kaharingan.
Kandayu Mantang Kayu Erang terdiri
114 ayat, di bawah ini beberapa ayat di antaranya :
1. Atei
itah halajur mangenang
Maniruk auh te sapanjang – panjang
Auh lunas jalan malempang
Panamuei randung banama tingang
2. Banama
mamuat paramun gawi
Ije mahin di ati balihi
Tarantang garu due puluh ije biti
Puat banama te sampan jadi
3. Banama
tingang te dia tiling
Itah samandiai uras mahining
Palus inulak auh bataling
4. Tulak
banama kitar gantau
Naharep matan je andau tumbu
Panamuei banama gulung pahuru
Denagan kakare taluh inggau
5. Auh
kandayu sasar basikap
Banama mahalau ambun tantilap
Panjungan manjung inuju ancap
Lawang haselan kalawet batatap
c.
Kandayu parawei
Kandayu Parawei adalah nyanyian suci
setelah pandehen yang isinya mengandung ungkapan rasa syukur dan terima kasih
umat Hindu Kaharingan atas penciptaan alam semesta ini dengan segala isinya.
Kandayu ini bertujuan agar umat Hindu Kaharingan selalu dapat memelihara
keseimbangan kehidupan dengan alam semesta sebagaimana ajaran Tri Hita Karana
sehingga hakekat yang ingin dicapai yaitu kedamaian abadi dapat terwujud dengan
sempurna sebagaimana dalam ayat kandayu Parawei di bawah in :
1. Nyahu
hai paham bataling
Marawei utus uluh kaliling
Kilau pahiau suling gariding
Nasa kaharingan je balai mihing
2. Kilat
panjang nyahu batengkung
Nyahu marawei utus bagulung
Tegah i-uap je gadung untung
Dimpah rahusan tasik malambung
3. Batengkung
hiau je nyahu hai
Marawei utus dia suali
Murik tarusan nyalung nantiri
Manyupa tamparae tuh itah ati
4. Metuh
kaput je dia gitan
Hatalla manyewut auh katamparan
Hamauh manyewut intan kaharingan
Kaput hapisah palus sabahan
5. Langit
petak jadi balawa
Ulun kalunen jadi inampa
Taluh handiai saraba injapa
Kalute sulak gawin hatalla
d.
Kandayu mambuwur behas
hambaruan
Kandayu mambuwur behas hambaruan
dinyanyikan untuk mengiringi petugas membagikan behas hambaruan kepada semua
peserta basarah. Mengoles telur ayam dan meneteskan undus (minyak kelapa) serta memercikan air tampung tawar. Bersamaan dengan itu pula peserta Basarah menerima
anugerah dari Ranying Hatalla Langit yang telah dimohonkan dalam pelaksanaan
Basarah (persembahyangan).
Kandayu ini terdiri dari tujuh
ayat yang disesuaikan dengan jumlah beras hambaruan dalam satu bungkusan
timpung yang berjumlah tujuh butir, dengan maksud sesuai denag Ranying Hatalla
Langit yang disebut Raja Uju Hakanduang,
Kanaruhan Hanya Basakati untuk menyampaikan anugerahnya kepada seluruh
peserta Basarah. Kandayu ini dapat diulang – ulang sesuai keperluan sampai
pelaksanaan Mambuwur Behas Hambaruan. Lirik
Kandayu tersebut berisikan harapan dan do’a restu yang telah dianugerahi
Ranying Hatalla Langit agar dapat menyatu dan dapat berguna didalam kehidupan.
Kandayu Mambuwur Behas hambaruan ini hendaknya diikuti dengan sungguh – sungguh
dan hikmat, sebagaimana dalam ayat kandayu dibawah ini.
1. Uajan
– ujan aseng panjang
Sambalut simpei bambang penyang
Mandehen bulau untung panjang
Namburak rabia nyaman tuyang
2. Nasaki
dahan/tanteluh manuk darung tingang
Batambang untung aseng panjang
Bereng barigas belum tatau sanang
Batarung pulu lampang hagatang
3. Mamantis
nyalung kaharingan
Akan entang tingang mangawan
Utus Raja Bunu te huran
Manyelem behas hambaruan
4. Nanjuri-ku
bangkang haselan tingang
Batu junjun karepurun entang
Malisen bara peres panganduang
Sama rata baumur panjang
5. Kuruk
bulau hambaruan
Sambalut nyalung kaharingan
Balasang kandayu iye nyawanan
Tumun peteh tingang tatu huran
6. Sama
kanuah anak jatha lampang
Manasa pandung je balau panjang
Hajamban kandayu je kayu erang
Nanjak-ku bukit uju hanya hajenjang
7. Nutuh
bulau pungkal raja
Hajamban peteh Ranying Hatalla
Bawi hatue bakas tabela
Kurik hai dia imbeda
2.2 Makna
Filosfis Yang Terkandung Dalam Masing – Masing Kandayu
Kandayu Manyarah Sangku
Tambak Raja, adalah kandayu yang berisikan maksud
dan tujuan upacara basarah (persembahyangan) maksud menyerahkan persembahan
suci beserta segala isinya kehadapan Raying Hatalla (Tuhan Yang Maha Esa) agar
dapat memberikan sinar sucinya ke kehidupan manusia dalam hal ini umat
Hindu/Hindu Kaharingan khususnya serta dapat membimbing umat dalam berpikir,
berkata, berbuat yang benar.
Kandayu Mantang Kayu
Erang, adalah kidung suci yang berisikan
perjalanan Banama Tingang Mandulang Bulau
Untung Aseng Panjang dalam memohon rejeki dan umur panjang) yang dilakukan
oleh Raja Telu Hakanduang.
Kandayu Parawei, kandayu
yang mengandung ungkapan syukur dan rasa terima kasih umat Hindu Kaharingan
atas penciptaan alam semesta berserta isinya.
Kandayu Mambuwur Behas
Hambaruan, adalah nyanyian suci yang dilantunkan
untuk mengiringi petugas Mambuwur behas
hambaruan, Mantis undus, nyaki malas dan nampung nawar (pecikan air suci
kehidupan). Pada saat menyanyikan kandayu ini, maka umat Hindu Kaharingan
disucikan dan diberikan berkat oleh Raying Hatalla.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Basarah
merupakan ibadah persembahyangan yang dilakukan umat Hindu Kaharingan sebagai
cara menghubungkan diri kepada Ranying Hatalla Langit dalam membentuk keimanan
dan ketaqwaan umat Hindu/Hindu Kaharingan agar dapat memahami, menghayati,
mengerti, dan mengamalkan ajaran Ranying Hatalla Langit diantaranya mempelajari
ayat – ayat suci kandayu.
Kandayu
(kidung suci) merupakan nyanyian suci untuk memuja kebesaran Ranying Hatalla
Langit. Kandayu dalam pelaksanaan basarah terdiri dari 4 macam sebagai berikut
;
1.
Kandayu Manyarah
Sangku Tambak Raja
2.
Kandayu Mantang Kayu
Erang
3.
Kandayu Parawei
4.
Kandayu Mambuwur Behas
Hamburuan
3.2 Saran – saran
Penulis
mengharapkan makalah ini dapat menambah wawasan pengetahuan pembaca tentang
ayat – ayat suci kandayu serta memahami maknanya secara filosofis dari masing –
masing kandayu yang dilantunkan pada saat upacara basarah.
DAFTAR PUSTAKA
MB – AHH, 1972. TALATAH BASARAH (Penuntun Persembahyangan)
LPT – UKU AHK, 2003. Buku Pelajaran AGAMA HINDU
KAHARINGAN untuk tingkat SMP Kelas 1.
Nila Riwut, 2003, Maneser
Panatau Tatu Hiang (Menyelami Kekayaan Leluhur). Yogyakarta, Pusakalima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar