Penayangan bulan lalu

HOME

Rabu, 08 Oktober 2014

MAKALAH ACARA AGAMA HINDU KAHARINGAN TENTANG KANDAYU

MAKALAH
 ACARA AGAMA HINDU KAHARINGAN I
TENTANG KANDAYU
           
                                        
Disusun Oleh : Kelompok IV
NO
NAMA
NIM
JURUSAN/JENJANG
SEMESTER
1
SUJA BITNA
12 00 055
PEND.AG.HINDU/S-1
III
2
WAHYUTRI
12 00 070
PEND.AG.HINDU/S-1
III
3
ORIN
12 00 024
PEND.AG.HINDU/S-1
III
4
TERIE
12 00 015
PEND.AG.HINDU/S-1
III
5
SURATNO
12 00 060
PEND.AG.HINDU/S-1
III



SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI
TAMPUNG PENYANG (STAHN-TP)
PALANGKA RAYA
2013

KATA PENGANTAR


Om Swasti Astu,
Tabe salamat lingu nalatai salam sujud karendem malempang.

Atas berkat dan rahmat Ranying Hatalla Langit Tuhan yang maha esa, dalam waktu yang cukup lama penulis berusaha menyelesaikan Makalah ini tepat pada waktunya untuk melengkapi tugas Mata Kuliah Acara Agama Hindu Kaharingan I.
            Penulis menyadari atas keterbatasan kemampuan, pengetahuan yang masih jauh dari sisi sempurna karena itu penulis mengharapkan sumbangan pemikiran, kritik yang konstruktif dari semua pihak  baik mahasiswa maupun dosen yang bersangkutan agar menjadi motorik demi terciptanya pendidikan yang bermutu dilingkungan kampus kita ini dan dilingkungan masyarakat luas sana.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih semoga makalah ini berguna bagi siapa saja yang membacanya.

Om Shanty, Shanty, Shanty Om.
 Sahey





Palangka Raya, ...... November 2013



Penulis



DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Kandayu merupakan nyanyian suci untuk memuja kebesaran Ranying Hatalla Langit didalam persembahyangan yang dilakukan umat Hindu Kaharingan sebagai cara menghubungkan diri yang bertujuan untuk membentuk keimanan dan ketaqwaan antara lain agar lebih bisa memahami, menghayati, mengerti, dan megamalkan ajaran Ranying Hatalla Langit yang juga tertuang dalam kitab suci Panaturan.
Kandayu dalam pelaksanaan Basarah terdiri dari 4 macam sebagai berikut :
1.    Kandayu Manyarah Sangku Tambak Raja
2.    Kandayu Mantang Kayu Erang
3.    Kandayu Parawei
4.    Kandayu Mambuwur Behas Hambaruan

1.2       Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi pokok permasalahan didalam pembahasan makalah ini Yaitu:
1.      Apa saja bagian – bagian Kandayu yang umum digunakan dalam upacara Basarah?
2.      Bagaimana makna filosfis yang terkandung dalam masing – masing kandayu?



1.3       Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka yang menjadi tujuan penulisan didalam makalah ini yaitu:
1.      Agar mengetahui bagian – bagian Kandayu yang umum digunakan dalam upacara Basarah.
2.      Agar mengetahui makna filosfis yang terkandung dalam masing – masing kandayu.

1.4       Manfaat Penulisan

Adapun yang menjadi manfaat dari penulisan makalah ini yaitu sebagai bahan untuk pembentukan keimanan dan ketaqwaan bagi pemuda dan pemudi agama Hindu Kaharingan yang diharapkan agar lebih bisa mengangkat harkat dan martabat umat Hindu Kaharingan kedepannya dalam berbagai keadaan terutama dalam hal spiritualitas.



BAB II

PEMBAHASAN

2.1       Bagian – bagian Kandayu dalam upacara Basarah

Kandayu sebagai nyanyian suci yang dilantunkan dihadapan Ranyiang Hatalla Langit pada saat pelaksanaan Basarah terdiri dari 4 macam. Adapun bagian dari kidung suci kandayu yaitu :
a.                   Kandayu Manyarah Sangku Tambak Raja
Kandayu ini berisikan ungkapan tentang maksud dan tujuan upacara persembahyangan Basarah yang terdiri dari 21 ayat, dengan maksud menyerahkan persembahan suci Sangku Tambak Raja beserta segala isinya kepada Ranying Hatalla Langit melalui persembahyangan Basarah.
Kemudian kita memohon kepada Ranying Hatalla Langit agar dapat memberikan sinar suci kekuatan bagi kehidupan manusia, agar dalam menjalani kehidupaan ini senantiasa mendapat bimbingan dalam berpikir yang baik dan berkata yang benar serta berbuat yang baik pula, sebagaimana dalam ayat Kandayu di bawah ini.
1.      Sangku tambak hai pahalendang
Basuang behas parei manyangen tingang
Rukun tarahan je giling pinang
Inihang luhing je dandang tingang

2.      Sangku tambak hai baguna
Inyarah bentuk balai paseban raja
Taharep ulun bakas tabela
Manumun peteh Ranying Hatalla

3.      Sangku jetuh basuang behas
Pambelum inyarah dia bara tikas
Umba Hatalla ilaku ka-abas
Hambaruan salamat bereng barigas

4.      Hetuh itah uras manyaksi
Ranying Hatalla te puna ati
Biti bereng daha tuntang isi
Bakas tabela hatue bawi

5.      Hetuh itah manyarah sangku
Panungkup utus je Raja Bunu
Tutuh kameluh balimut batu
Peteh hajamban je Raja Uju

b.                   Kandayu Mantang Kayu Erang
Kandayu Mantang Kayu Erang dinyanyikan setelah pampeteh Ranying Hatalla Langit oleh mantir Basarah karena isi kandayu tersebut menjelaskan tentang perjalanan Banama Tingang Mandulang Bulau Untung Aseng Panjang, pada saat Balian Balaku Untung.
Kita akan mendengarkan perjalanan Banama Tingang yang dibawakan oleh Raja Telu Hakanduang yaitu Raja Tunggal Sangomang, Raja Mantir Mamaluhing Bungai dan Raja Linga Rawin Tempun Telun mendapatkan berkat dan anugerah dari Ranying Hatalla Langit beserta manifestasinya, agar manusia dalam menjalankan kehidupannya selalu mendapatkan rejeki, umur panjang, sehat sejahtera dan hakekat ini pula yang diambil dalam pelaksanaan Basarah bagi umat Hindu Kaharingan.
Kandayu Mantang Kayu Erang terdiri 114 ayat, di bawah ini beberapa ayat di antaranya :
1.      Atei itah halajur mangenang
Maniruk auh te sapanjang – panjang
Auh lunas jalan malempang
Panamuei randung banama tingang

2.      Banama mamuat paramun gawi
Ije mahin di ati balihi
Tarantang garu due puluh ije biti
Puat banama te sampan jadi

3.      Banama tingang te dia tiling
Itah samandiai uras mahining
Palus inulak auh bataling

4.      Tulak banama kitar gantau
Naharep matan je andau tumbu
Panamuei banama gulung pahuru
Denagan kakare taluh inggau

5.      Auh kandayu sasar basikap
Banama mahalau ambun tantilap
Panjungan manjung inuju ancap
Lawang haselan kalawet batatap

c.                   Kandayu parawei
Kandayu Parawei adalah nyanyian suci setelah pandehen yang isinya mengandung ungkapan rasa syukur dan terima kasih umat Hindu Kaharingan atas penciptaan alam semesta ini dengan segala isinya. Kandayu ini bertujuan agar umat Hindu Kaharingan selalu dapat memelihara keseimbangan kehidupan dengan alam semesta sebagaimana ajaran Tri Hita Karana sehingga hakekat yang ingin dicapai yaitu kedamaian abadi dapat terwujud dengan sempurna sebagaimana dalam ayat kandayu Parawei di bawah in :

1.      Nyahu hai paham bataling
Marawei utus uluh kaliling
Kilau pahiau suling gariding
Nasa kaharingan je balai mihing

2.      Kilat panjang nyahu batengkung
Nyahu marawei utus bagulung
Tegah i-uap je gadung untung
Dimpah rahusan tasik malambung

3.      Batengkung hiau je nyahu hai
Marawei utus dia suali
Murik tarusan nyalung nantiri
Manyupa tamparae tuh itah ati

4.      Metuh kaput je dia gitan
Hatalla manyewut auh katamparan
Hamauh manyewut intan kaharingan
Kaput hapisah palus sabahan

5.      Langit petak jadi balawa
Ulun kalunen jadi inampa
Taluh handiai saraba injapa
Kalute sulak gawin hatalla

d.                  Kandayu mambuwur behas hambaruan
Kandayu mambuwur behas hambaruan dinyanyikan untuk mengiringi petugas membagikan behas hambaruan kepada semua peserta basarah. Mengoles telur ayam dan meneteskan undus (minyak kelapa) serta memercikan air tampung tawar. Bersamaan dengan itu pula peserta Basarah menerima anugerah dari Ranying Hatalla Langit yang telah dimohonkan dalam pelaksanaan Basarah (persembahyangan).
Kandayu ini terdiri dari tujuh ayat yang disesuaikan dengan jumlah beras hambaruan dalam satu bungkusan timpung yang berjumlah tujuh butir, dengan maksud sesuai denag Ranying Hatalla Langit yang disebut Raja Uju Hakanduang, Kanaruhan Hanya Basakati untuk menyampaikan anugerahnya kepada seluruh peserta Basarah. Kandayu ini dapat diulang – ulang sesuai keperluan sampai pelaksanaan Mambuwur Behas Hambaruan. Lirik Kandayu tersebut berisikan harapan dan do’a restu yang telah dianugerahi Ranying Hatalla Langit agar dapat menyatu dan dapat berguna didalam kehidupan. Kandayu Mambuwur Behas hambaruan ini hendaknya diikuti dengan sungguh – sungguh dan hikmat, sebagaimana dalam ayat kandayu dibawah ini.

1.      Uajan – ujan aseng panjang
Sambalut simpei bambang penyang
Mandehen bulau untung panjang
Namburak rabia nyaman tuyang

2.      Nasaki dahan/tanteluh manuk darung tingang
Batambang untung aseng panjang
Bereng barigas belum tatau sanang
Batarung pulu lampang hagatang

3.      Mamantis nyalung kaharingan
Akan entang tingang mangawan
Utus Raja Bunu te huran
Manyelem behas hambaruan

4.      Nanjuri-ku bangkang haselan tingang
Batu junjun karepurun entang
Malisen bara peres panganduang
Sama rata baumur panjang

5.      Kuruk bulau hambaruan
Sambalut nyalung kaharingan
Balasang kandayu iye nyawanan
Tumun peteh tingang tatu huran

6.      Sama kanuah anak jatha lampang
Manasa pandung je balau panjang
Hajamban kandayu je kayu erang
Nanjak-ku bukit uju hanya hajenjang

7.      Nutuh bulau pungkal raja
Hajamban peteh Ranying Hatalla
Bawi hatue bakas tabela
Kurik hai dia imbeda

2.2       Makna Filosfis Yang Terkandung Dalam Masing – Masing Kandayu

Kandayu Manyarah Sangku Tambak Raja, adalah kandayu yang berisikan maksud dan tujuan upacara basarah (persembahyangan) maksud menyerahkan persembahan suci beserta segala isinya kehadapan Raying Hatalla (Tuhan Yang Maha Esa) agar dapat memberikan sinar sucinya ke kehidupan manusia dalam hal ini umat Hindu/Hindu Kaharingan khususnya serta dapat membimbing umat dalam berpikir, berkata, berbuat yang benar.
Kandayu Mantang Kayu Erang, adalah kidung suci yang berisikan perjalanan Banama Tingang Mandulang Bulau Untung Aseng Panjang dalam memohon rejeki dan umur panjang) yang dilakukan oleh Raja Telu Hakanduang.
Kandayu Parawei, kandayu yang mengandung ungkapan syukur dan rasa terima kasih umat Hindu Kaharingan atas penciptaan alam semesta berserta isinya.
Kandayu Mambuwur Behas Hambaruan, adalah nyanyian suci yang dilantunkan untuk mengiringi petugas Mambuwur behas hambaruan, Mantis undus, nyaki malas dan nampung nawar (pecikan air suci kehidupan). Pada saat menyanyikan kandayu ini, maka umat Hindu Kaharingan disucikan dan diberikan berkat oleh Raying Hatalla.

BAB III

PENUTUP

3.1       Kesimpulan

Basarah merupakan ibadah persembahyangan yang dilakukan umat Hindu Kaharingan sebagai cara menghubungkan diri kepada Ranying Hatalla Langit dalam membentuk keimanan dan ketaqwaan umat Hindu/Hindu Kaharingan agar dapat memahami, menghayati, mengerti, dan mengamalkan ajaran Ranying Hatalla Langit diantaranya mempelajari ayat – ayat suci kandayu.
Kandayu (kidung suci) merupakan nyanyian suci untuk memuja kebesaran Ranying Hatalla Langit. Kandayu dalam pelaksanaan basarah terdiri dari 4 macam sebagai berikut ;
1.         Kandayu Manyarah Sangku Tambak Raja
2.         Kandayu Mantang Kayu Erang
3.         Kandayu Parawei
4.         Kandayu Mambuwur Behas Hamburuan

3.2       Saran – saran

Penulis mengharapkan makalah ini dapat menambah wawasan pengetahuan pembaca tentang ayat – ayat suci kandayu serta memahami maknanya secara filosofis dari masing – masing kandayu yang dilantunkan pada saat upacara basarah.

DAFTAR PUSTAKA


MB – AHH, 1972. TALATAH BASARAH (Penuntun Persembahyangan)

LPT – UKU AHK, 2003. Buku Pelajaran AGAMA HINDU KAHARINGAN untuk tingkat SMP Kelas 1.

Nila Riwut, 2003, Maneser Panatau Tatu Hiang (Menyelami Kekayaan Leluhur). Yogyakarta, Pusakalima

Tidak ada komentar: